Tips Membuat Artikel yang Menarik Untuk Seorang Pemula

Apakah kamu memiliki cita-cita untuk menjadi seorang penulis? Atau kamu punya blog tapi bingung mau tulis apa? Nah kali ini saya akan membagi tips cara membuat artikel yang menarik untuk seorang pemula.



Artikel adalah karangan pendek, yang berkisar antara 300 sampai 1.000 kata, yang membahas tema tertentu yang ditujukan untuk menyampaikan pikiran terhadap sebuah realitas, baik berupa fakta, konsep, atau pendapat tertentu.

Artikel yang menarik gak selalu harus berisi hal-hal yang luar biasa. Dalam membuat suatu artikel yang paling penting dan harus diperhatikan adalah pengemasannya. Kamu bisa menuliskan apa saja yang sesuai dengan keinginan kamu. Hal-hal biasa saja dapat menjadi menarik jika kamu kemas secara menarik. Berikut beberapa tips untuk membuat artikel yang menarik.



Memilih Tema yang Menarik





Dalam dunia tulis menulis, Tema merupaan pokok bahasan yang akan ditulis didalam sebuah artikel. Memilih sebuah topik memang bukanlah hal yang mudah, apa lagi untuk seorang pemula. Untuk menentukan topik artikel yang menarik, pilihlah sebuah topik yang sederhana namun banyak orang yang mencari topik tersebut. Misalnya: Tips dan Cara menulis blog yang baik. Kamu juga dapat mencari inspirasi lewat browsing di internet, bertukar pikiran dengan teman-teman atau keluarga kamu, atau membaca buku.

Menentukan tema artikel juga harus berhati-hati karena tema yang kita pilih akan menentukan arah dan tujuan artikel dibuat. Dalam pemilihan tema artikel kita harus memperhatikan:

1. Fokus Dengan Tema yang Sedang Dibahas

Fokus pada topik yang mau kamu bahas, jangan terlalu banyak membahas hal-hal di luar tema atau yang biasa disebut juga Out of Topic.

2. Format Tulisan yang Rapi

Pastikan tulisan kamu terlihat rapih dan sistematis agar mudah dibaca. Walaupun tema menarik banyak orang cenderung malas membaca karena artikelnya terlihat berantakan. Selalu biasakan untuk periksa kembali tulisan sebelum kamu publish untuk menghindari kesalahan penulisan kata atau biasa disebut Typo.



Rajin Membaca





Akan sangat sulit untuk menulis jika kamu jarang membaca buku atau artikel apa pun. Dengan membaca buku, majalah, novel, koran, dan artikel-artikel di internet dapat membantu kamu untuk mendapatkan referensi untuk menulis, juga membantu kamu terbiasa menggunakan berbagai pilihan kata.



Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami






Gunakanlah bahasa yang sederhana, dan mudah dipahami. Jangan terlalu banyak menggunakan bahasa daerah, bahasa asing, istilah-istilah asing yang tidak umum. Hindari penulisan yang terlalu panjang, pastikan juga tulisan tidak berbelit-belit.


Tambahkan Gambar atau Video yang Menarik





Artikel akan menjadi sangat membosankan kalau hanya tulisan saja. Penambhan gambar atau video dapat meningkatkan artikel kamu menjadi lebih menarik. Coba carilah gambar atau video unik yang sesuai dengan tema yang kamu bahas. Usahakan juga resolusi gambarnya tinggi agar dapat terlihat dengan jelas.



Itulah beberapa tips dari saya tentang cara membuat artikel yang menarik bagi seorang pemula. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Badminton Addict

5 Drama Korea yang harus di tonton di bulan November

Membangun Kreativitas Anak Kanaan Social Explore 2017